Tema Rustic – Bagi kalian yang sudah mantap untuk menjalin suatu hubungan yang sangat serius dengan pasangan kalian dan ingin untuk melanjutkan hubungan kalian ke sebuah pernikahan tentu saja hal tersebut kadang menjadi salah satu persoalan yang tidak mudah.

Hal tersebut menjadikan untuk menuju pernikahan tentu banyak yang harus dipersiapkan, dan hal tersebut akan menguras pikiran, tenaga, dan menguras keuangan bagi kalian berdua tentunya.

Memiliki konsep pernikahan impian tentulah hal menjadi salah satu tujuan kalian untuk melaksanakan sebuah acara pernikahan yang kalian impikan selama ini. Dan tidak semua orang memiliki impian pernikahan yang sama. Hal tersebut tergantung dengan bagaimana tiap pasangan memaknai setiap proses pernikahan tersebut.

Ada pasangan yang menginginkan konsep pernikahan dengan penuh kemewahan dan gemerlap, namun ada juga pasangan yang ingin memiliki konsep pernikahan secara sederhana, dengan suasana yang hangat antara keluarga pasangan mempelai pria, dan juga keluarga pasangan mempelai wanitanya.

Nah salah satu konsep pernikahan yang saat ini sedang tren adalah konsep dengan tema rusti. Konsep tema resepsi pernikahan datu ini adalah dengan menggunakan tema yang lebih unik ini kalian harus memiliki daya kreativitas yang sangat tinggi juga.

Selain unik, kalian juga bisa menggunakan barang-barang bekas yang tentunya akan membantu kalian dalam mengirit uang atau budget yang nantinya akan dapat kalian gunakan untuk keperluan lainnya yang akan kalian gunakan untuk biaya hidup kalian setelah menikah bersama dengan pasangan kalian.

Seberapa Penting Menentukan Tema Pernikahan?

dekorasi pernikahan rustic

Image: bukietlove

Tentu setiap pasangan atau calon para pengantin yang ingin mengadakan pesta pernikahan akan selalu memiliki planning atau rencana yang akan mereka pikirkan untuk mengusung konsep tema pernikahan mereka,

maka tentunya para calon pengantin tersebut harus bisa memperhatikan salah satu hal yang paling krusial di dalam suatu pergelaran pernikahan, yaitu konsep tema yang akan digunakan saat nanti pesta pernikahan kalian berlangsung.

Tanpa adanya tema pesta pernikahan di dalam acara pernikahan kalian tentu rasanya akan semakin hampa, tanpa adanya tema pernikahan maka tidak ada satu hal yang dapat menggambarkan suka cita perjalanan kalian hingga akhirnya kalian dapat menempuh suatu jenjang pernikahan.

Apabila kalian ingin memilih elemen yang sangat tepat, maka kalian dan pasangan dapat mewujudkan suatu konsep tema yang sederhana, romantis, dan juga tetap hangat sesuai dengan keinginan atau impian kalian dan pasangan kalian selama ini.

Kalian bisa mempersiapkan tema yang akan kalian gunakan untuk pernikahan kalian hanya dalam kurun waktu 4 hingga 6 bulan sebelum tanggal pernikahan yang akan kalian tentukan berlangsung.

Kalian bisa menggunakan konsep tema pernikahan yang simple, namun pesan dari pernikahan tersebut tetap dapat tersampaikan dengan jelas, yaitu dengan menggunakan tema rustic yang dapat kalian jadikan salah satu solusi tema konsep pernikahan kalian.

Baca Juga  Menghemat Biaya Catering Pernikahan Dengan 3 Tips Ini

Konsep tema pernikahan kalian nantinya akan menentukan gaya acara pernikahan yang akan diselenggarakan. Saat ini banyak sekali calon pengantin yang menjadikan konsep tema tradisional atau bahkan tema konsep internasional sebagai salah satu tema yang dapat kalian angkat di dalam sebuah acara pesta pernikahan yang akan diadakan oleh para calon pengantin.

Apabila kalian mengusung tema tradisional maka kalian bisa mengambil beberapa elemen di dalam tradisi tersebut untuk bisa nantinya kalian jadikan sebuah tema besar. Atau apabila kalian memutuskan untuk mengambil tema internasional

maka kalian bisa mengambil tema yang saat ini sedang trending saat ini, saat ini tema rustic sedang trending bagi para calon pengantin yang tidak ingin memiliki pesta pernikahan yang meriah, namun tetap terpancar romantisme, dan kehangatan di antara para calon mempelai, keluarga, serta tamu sekalian.

Dengan gaya rustic ini maka kalian dapat menambahkan sentuhan glamour di dalam setiap elemen detail tema konsep yang akan kalian rencanakan.

Mengenal Tema Rustic Untuk pernikahan

Tema Rustic Untuk pernikahan

Rustic di dalam bahasa Indonesia yaitu “Berkarat” atau “Tua” dan memiliki permukaan yang kasar karena tidak dilakukan finishing dengan baik. Maka kalian dapat membayangkan tema rustic ini menghadirkan kesan yang lusuh, jelek, dan juga tidak enak untuk dipandang.

Namun kalian jangan melihat tema rusti ini hanya dari satu sisi, malah saat ini desain dengan tema rustic menjadi salah satu tren desain interior yang sangat tren. Menurut sejarah yang ada di era Romawi dan awal peradaban Renaisans,

gaya rustic ini juga dapat memusatkan diri di dalam tingkat finishing fasad dengan menggunakan bebatuan dan kayu yang memiliki tekstur kasar dan juga kontras, selain itu juga sangat lengkap dengan menggunakan ornamen yang mendukung untuk bisa mempercantik tema pernikahan.

Namun dengan perkembangan ide dan kreasi setiap orang, maka tema rustic ini juga sangat identik dengan elemen-elemen yang memiliki bentuk sama, acak, atau bahan yang memiliki bertentangan dengan konsep kerapihan,

Namun kalian juga tetap memadukan gaya tersebut dengan beberapa elemen yang lain, yang tetap menjaga kerapihan dan tentunya keunikan tempat pelaminan kalian, di Indonesia sendiri sudah banyak sekali para pasangan yang menggunakan tema rustic ini untuk mengusung tema utama pernikahan.

Dan pada hakikatnya tema rustic ini memiliki penyebutan baru yang berasal dari beberapa istilah asing yang ternyata sudah lebih dulu tren di Indonesia. Tema rustic ini adalah salah satu tema alternatif yang saat ini sedang trending yang dapat kalian gunakan untuk digunakan sebagai salah satu konsep tema pernikahan kalian.

Baca Juga  Catering Adalah Peluang Bisnis yang Besar, Kenali Jenisnya

Tema rustic ini dapat dengan mudah kalian aplikasikan ke dalam berbagai hal di dalam acara pernikahan kalian. Dan yang menjadi salah satu nilai plusnya adalah tema rustic ini tidak menghabiskan biaya yang banyak,

Apabila kalian dapat mengembangkan keahlian kreativitas yang kalian miliki maka kalian akan dengan mudah untuk menemukan berbagai cara, alat, dan kebutuhan lainnya agar nantinya kalian dapat dengan mudah memadupadankan kreativitas dan kebutuhan kalian,

maka kalian akan mendapatkan kepuasan kalian karena tema konsep pernikahan yang kalian rencanakan berjalan dengan sangat lancar, tetap bisa memberikan kesan yang romantis, dan hangat yang tentunya memakan budget yang sedikit.

Kalian bisa menggunakan barang-barang bekas yang ada di sekitar kalian, atau kalian juga bisa membuat suatu barang yang nantinya dapat dengan mudah kalian aplikasikan di dalam tema rustic ini.

Ciri Khas Konsep Tema Rustic

Ciri Khas Konsep Tema Rustic

Image: brit.co

1. Menghemat Budget

Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa budget atau biaya adalah salah satu hal yang banyak membuat para pasangan kelimpungan, dan juga kerepotan disaat para pasangan ini sedang mempersiapkan resepsi pernikahan.

Nah apabila kalian menggunakan tema rustic ini maka kalian tentu akan menghemat budget yang nantinya bisa kalian gunakan sebagai tabungan masa depan bersama pasangan kalian. Diambil dari bahasa rustic yang memiliki arti pedesaan, tidak memiliki formalitas, dan juga sederhana.

Dan di dalam tema rustic itu sendiri maka nuansa yang akan diberikan adalah nuansa pedesaan yang tentunya sangat sederhana, dan juga hangat. Dengan menggunakan tema rustic banyak barang-barang yang dapat kalian gunakan untuk di daur ulang, dan dapat kalian gunakan untuk hiasan pernikahan kalian.

2. Menggunakan Dekorasi Dengan Bahan Dasar Kayu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tema rustic akan mengusung konsep sebuah pedesaan yang tetap terjaga kehangatannya, dan di dalamnya sangat kental sekali dengan suasana pedesaan.

Dan di dalam tema rustic ini maka pihak pengantin akan menambahkan kayu di dalam dekorasi tema rustic ini. Dan istimewanya kayu yang nantinya akan digunakan adalah jenis kayu yang sudah terlihat tua, dengan tujuan untuk menimbulkan kesan yang “usang”.

Penggunaan kayu tua ini bukanlah kayu yang sudah dihinggapi banyak rayap, namun kalian bisa menggunakan kayu yang nampak terlihat belum selesai finishing, namun kualitas kayu tersebut juga harus kalian pastikan bahwa masih kuat.

Kayu yang nantinya harus digunakan adalah kayu yang tidak terlihat tua atau yang sudah benar-benar tua, namun kalian bisa memodifikasi kayu tersebut sehingga nantinya kayu tersebut dapat terlihat tua.

Warna kayu tersebut juga dapat kalian sesuaikan dengan keinginan kalian tidak harus berwarna coklat, namun warna lainnya seperti hijau army, putih, atau bahkan coklat kehitaman, bisa kalian sesuaikan dengan warna tema yang kalian gunakan untuk tema pernikahan kalian.

3. Penggunaan Warna yang Pastel Atau Warna Yang Tidak Kontras

Salah satu cara lainnya dari penggunaan tema rustic ini adalah penggunaan warna-warna yang tidak mencolok atau terlalu terang, yaitu dengan menggunakan warna pastel seperti putih, coklat muda, abu-abu, dan sebagainya,

warna pastel ini adalah warna yang pucat seperti halnya kalian juga bisa menggunakan warna biru muda pucat, kuning pucat untuk penggunaan tema rustic dalam versi warna pastel. Dengan menggunakan warna pastel maka acara pernikahan yang akan kalian adakan akan terleihat cantik, hangat, sederhana, dan tenang.

4. Memilih Tempat Wedding Venue Outdoor

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa tema rustic ini mengikuti gaya tradisional dari nuansa suatu pedesaan yang hangat dan juga sederhana, maka kalian tentu saja dapat memilih venue dengan bentuk outdoor.

Kalian bisa memilih venue di taman, atau tempat-tempat yang memiliki banyak pemandangan bagus, atau dibawah pohon yang rindang, namun kalian juga harus bisa memperhitungkan cuaca disaat hari pernikahan kalian, kalian bisa melihat ramalan cuaca di aplikasi-aplikasi prediksi cuaca seperti AccuWeather, atau sebagainya.

Jangan sampai disaat kalian sudah mempersiapkan semuanya terlebih venue yang outdoor namun cuaca tidak bersahabat, maka kalian harus bisa memiliki cadangan tempat lainnya.

Apabila kalian sangat suka dengan pemandangan alam yang terbuka maka kalian bisa menggunakan venue di sekitar pegunungan atau dataran tinggi lainnya. Dengan menggunakan wedding venue outdoor yang terbuka maka hal tersebut akan menambah nuansa cantik, romantisme, dan hangat di antara keluarga, dan juga para calon pengantin.

5. Menggunakan Bunga Liar Untuk Hiasan

Seperti yang kalian ketahui tema rustic ini sangat mengusung tema pedesaan yang dimana di dalam desa banyak sekali tanaman serta bunga-bunga liar, maka kalian dapat menjadikan bunga atau tanaman liar ini menjadi dekorasi pernikahan rustic.

Jika kalian melakukan tema pernikahan dengan menggunakan tema yang meriah dan modern mungkin kalian akan memerlukan dekorasi bunga import yang harganya mahal, namun jika kalian menggunakan tema rustic,

mungkin kalian bisa kreatif mengganti bunga import tersebut dengan bunga-bunga liar yang memiliki warna pastel, dan pucat untuk mendukung tema rustic yang kalian usung.

Beberapa contoh bunga yang dapat kalian gunakan diantaranya adalah Hortensia (Hydrangea), Aster, Mawar Liar atau Wild Rose, dan lain sebagainya.dengan begitu maka kalian akan menghemat biaya yang nantinya akan kalian keluarkan.

Nah bagaimana tertarik untuk mengusung tema rustic untuk pernikahan impian kalian? Jangan lupa kalian juga harus mengkonsultasikan ke wedding organizer terpercaya di Rencraft.org agar acara pernikahan yang kalian jalankan berjalan dengan lancar, dan menjadi kenangan yang akan kalian kenang seumur hidup kalian bersama pasangan.

baner WA