Apa Itu Barista – Jika kamu datang ke coffee shop kamu akan menemukan orang atau staf yang disebut dengan barista. Namun apakah kamu mengetahui apa arti dari sebutan tersebut dan tugas dari seorang barista?

Sebelum mengetahui apa itu barista dan tugas barista, yuk simak penjelasan sekilas mengenai coffee shop di bawah ini.

pengertian barista

Sekilas Tentang Coffee Shop

Coffee shop disini akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu barista dan tugas barista. Coffee shop adalah tempat yang awalnya menyediakan untuk pelanggannya meminum kopi dan teh dengan cepat.

Namun dengan zaman yang sudah berkembang dan juga kebutuhan manusia yang meningkat dan semakin kompleks, maka coffee shop ini berkembang.

Coffee shop ini menjadi tempat yang memiliki desain interior dan eksterior yang mengagumkan serta meningkatkan kualitas dari tempat dan beragam menu yang ada. Contohnya seperti beragam minuman dari yang kopi dan non kopi, lalu juga menu hidangan makanan yang menjadi teman menikmati minuman tersebut.

Dengan adanya coffee shop ini mulai bermunculan pertanyaan mengenai apa itu barista beserta tugas barista.

Barista adalah

Apa Itu Barista?

Barista adalah sebutan bagi seseorang yang meracik kopi di coffee shop. Meski pekerjaan tersebut terdengar mudah, namun ternyata hal tersebut membutuhkan keahlian khusus dan tidak sembarangan orang dapat melakukannya.

Kata barista sendiri berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti Bartender. Bartender adalah seseorang yang memiliki tugas untuk menyiapkan segala macam minuman, tidak hanya kopi, untuk disajikan.

Seiring berjalannya perkembangan zaman serta munculnya tren kopi di Amerika dan juga Eropa, kini kata Bartender berubah menjadi Barista seperti yang kita ketahui dalam memahami apa itu barista.

Baca Juga  Cafe instagramable di Jakarta Selatan, Ren Coffee Tempatnya

Pengertian apa itu barista tidak hanya tertuju pada seseorang yang akan meracik kopi, namun juga bekerja untuk menyajikannya kepada pelanggan yang datang ke coffee shop. Dapat dikatakan bahwa barista adalah penentu kenikmatan dari secangkir kopi.

Oleh karena itu untuk menjadi seorang barista saat ibu dibutuhkan sertifikasi, pelatihan dan juga banyaknya kompetisi yang akan menilai kemampuan atau keahlian para barista. Hal ini tentu akan menjadi faktor yang membuat sebuah coffee shop beserta menunya menjadi sukses.

Perkembangan industri kopi dan coffee shop yang menikmat saat ini terutama di Indonesia, tugas barista dan tanggung jawabnya mulai bertambah.

Tugas Barista

Berbagai Tugas Barista

Pekerjaan seorang barista memang untuk membuat dan menyajikan sebuah kopi, namun ternyata tugas barista lebih dari itu.

Seni yang harus dimiliki seorang barista adalah seni melayani, menyajikan dan meracik kopi. Hal ini diungkapkan Edy Panggabean dalam bukunya yang berjudul The Secret of Barista.

1. Mengoperasikan dan Merawat Mesin

Tugas barista yang pertama adalah untuk mengoperasikan mesin espresso komersial yang cenderung sulit dioperasikan. Tugasnya adalah mengukur besar suhu dan tekanan yang dibutuhkan untuk membuat espresso.

Keterampilan dalam menggunakan segala macam mesin dan alat seduh ini adalah sebagian dari tugas barista. Selain dapat mengoperasikannya, tugas barista adalah untuk merawat alat dan mesin yang digunakan mulai dari yang kecil hingga yang besar dan rumit.

2. Melayani pelanggan dan menerima pesanan

Tugas barista selanjutnya adalah untuk melayani pelanggannya. Pelanggan yang datang ke coffee shop harus diterima dengan baik dan ramah oleh barista. Karena hal tersebut dapat menjadi penilaian terhadap coffee shop.

Selain melayani pelanggan, tugas barista adalah untuk menerima pesanan dari pelanggan. Namun hal ini disesuaikan dengan jumlah pegawai yang ada, terkadang di berbagai coffee shop terdapat kasir / pegawai yang bertugas menerima pesanan sendiri.

barista

3. Membuat dan Menyiapkan Minuman

Nah, tugas barista yang terpenting adalah untuk membuat dan menyiapkan pesanan minuman yang sudah di order pelanggan. Tidak hanya minuman kopi, namun tugas barista adalah meracik semua minuman yang ada di dalam menu coffee shop yang merupakan non coffee.

Contohnya adalah minuman campuran susu, coklat, teh, red velvet, matcha, jus dan juga menu minuman andalan yang ada di coffee shop. Hal ini dikarenakan adanya pelanggan yang tidak kuat dengan kafein namun ingin bersantai di coffee shop.

Dalam membuat dan menyiapkan minuman ini bukan hanya sekedar mencampurkan bahan yang ada. Namun lebih dari itu. Seperti penjelasan di atas mengenai apa itu barista, barista adalah seseorang yang memiliki keterampilan.

Serta skill tambahan yang dapat meracik atau meramu sebuah minuman agar dapat dinikmati pelanggan. Tugas barista juga harus menyempurnakan sentuhan akhir pada minuman tersebut.

Berbagai teknik juga digunakan dalam membuat minuman kopi dan non kopi pada sebuah coffee shop. Bahkan terdapat tugas barista yang mengharuskannya menggiling biji kopi yang segar terlebih dahulu untuk diseduh.

Baca Juga  Cafe Berkonsep Jepang Pertama di Tebet, Mampir Yuk!

4. Memiliki Pengetahuan Mengenai Kopi

Kemudian untuk apa itu barista dan tugas barista yang berikutnya adalah ia bertanggung jawab untuk memiliki pengetahuan yang luas dan baik mengenai kopi. Mulai dari berbagai biji kopi, proses pembuatan kopi serta macam – macam minuman yang ada.

Tidak lucu bukan jika ada pelanggan yang bertanya mengenai penjelasan kopi dalam menu coffee shop, namun barista yang sedang bekerja tidak pandai menjelaskannya. Tentu hal ini membuat pelanggan yang datang menjadi kurang yakin.

Maka dari itu, tugas barista tidaklah mudah. Seorang barista memerlukan latihan dan kelas sebelum akhirnya bekerja di coffee shop.

5. Menjaga Tempat Tetap Bersih & Rapi

Melakukan tugas kebersihan juga termasuk tugas barista yang perlu kamu ketahui. Tempat pembuatan minuman atau meja bar harus terjaga kebersihannya dan rapi.

Hal ini akan berpengaruh kepada penampilan dari coffee shop dan juga mempengaruhi kepada minuman yang akan disajikan. Tugas – tugas barista juga akan lebih mudah jika meja bar atau tempat pembuatan minuman bersih dan rapi.

6. Berkomunikasi dengan Pelanggan

Pembahasan mengenai apa itu barista dan tugas barista yang selanjutnya adalah seorang barista harus berkomunikasi agar dapat membuat para pelanggan yang hadir di coffee shop menjadi nyaman.

Kemampuan berkomunikasi yang baik juga merupakan tugas barista. Secangkir kopi atau minuman lainnya tidak dapat dinikmati jika barista yang ada di coffee shop tidak mampu menuangkan kebahagiaan atau kenyamanan pada minuman yang ia buat.

Banyak pula barista di berbagai coffee shop yang mengajak ngobrol para pelanggan saat membuat minuman yang mereka pesan sehingga terlihat sangat akrab.

Kesimpulan apa itu barista dan tugas barista adalah bukan hanya seseorang yang bekerja untuk membuat dan menyiapkan minuman kopi ataupun non kopi, namuan barista adalah seseorang yang profesional yang memiliki kemampuan dan skill yang perlu dilatih dan dikembangkan untuk dapat menyajikan secangkir minuman yang nikmat.

Tugas barista serta tanggung jawabnya sudah dapat kamu ketahui. Sehingga ketika kamu nongkrong atau ngopi di suatu coffee shop kamu dapat lebih mengapresiasi barista dan pegawai yang ada.

baner WA